- Kegiatan Safari Perpustakaan Gema Literasi Bersama Perpusda
- SMP Negeri 28 Purworejo Gelar Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana dengan Tema Penanggulangan Wabah Demam Berdarah
- SMPN 5 Purworejo Sosialisasikan Mitigasi Bencana Alam Bersama Damkar Purworejo
- Dua Siswa SDN Bencorejo Sabet Emas di Kejuaraan Pencak Silat Fighter Purworejo 2025
- BARUNG HIJAU PUTRA GUGUS DEPAN SD NEGERI 3 DONOREJO MEWAKILI KWARRAN KALIGESING DALAM PESTA SIAGA TINGKAT KWARCAB PURWOREJO
- SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI PERINGATAN HARI KESIAPSIAGAAN SDN PADUROSO
- SIMULASI KESIAPSIAGAAN BENCANA DALAM MEWUJUDKAN OPTIMALISASI SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA SISWA SDN BAKUREJO
- Pameran Temporer Bersama “Prasama Miyara” Museum Tosan Aji Hadirkan Kolaborasi Seni dan Kebudayaan
- Kartini Kecil, Penuh Warna
- PERINGATAN HARI KARTINI SD NEGERI 1 BALEDONO
Perencanaan Berbasis data adalah untuk mengambil keputusan yang tep

Perencanaan Berbasis Data adalah Perubahan untuk mendorong satuan Pendidikan menyusun kegiatan capaian pembelajaran berdasarkan fakta. Perencanaan berbasis data dilakukan dengan mengacu pada Rapor Pendidikan. Setiap satuan pendidikan sudah terbiasa dalam melakukan perencanaan dan menyusun program disetiap tahun ajaran.
Tujuan dari Perencanaan Berbasis data adalah untuk mengambil keputusan yang tepat guna tercapainya peningkatan kualitas pembelajaran di satuan Pendidikan. Selain itu Perencanaan Berbasis data juga disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan atau Dinas berdasarkan data pada platfom Rapor Pendidikan, yang kemudian mendorong satuan pendidikan dan Dinas pendidikan untuk melakukan pembenahan melalui penyusunan kegiatan peningkatan capaian berdasarkan hasil indentifikasi dan refleksi terhadap capaian di rapor pendidikan dan kondisi lapangan. Terdapat 3 langkah sederhana dalam proses Perencanaan Berbasis Data ( PBD ) yaitu Identifikasi, Refleksi dan Benahi (IRB ).
Dalam Perencanaan Berbasis Data kita melibatkan Guru, Siswa, Komite sekolah.
Output dari Perencanaan Berbasis Data adalah RKAS dan Rencana Kerja Tahunan ( RKT ), yang terdiri dari :
1. Masalah
Berisikan indikator yangteridentifikasi bermasalah pada rapor pendidikan.
2. Akar
Seluruh program dan kegiatan yang dapat menjadi solusi dari akar masalah.
3. Program dan Kegiatan
Didalam RKT Kegiatan yang dipilih dan direncanakan merupakan solusi dari akar
masalah.