- KOORDINASI BIDANG PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PURWOREJO
- RAPAT PERSIAPAN PELAKSANAAN KARNAVAL PAUD DAN KARNAVAL SD-SMP
- Pengendalian satuan pendidikan bermasalah secara sistem dan kepatuhan juknis 2025
- PC PGRI Bagelen menggelar Workshop pembelajaran Koding dan STEM sebagai kunci Pendidikan Abad -21
- SMP Negeri 17 Purworejo laksanakan ANBK 2025
- 40 Pegawai dindidkbud mendapatkan penghargaan satya lencana
- Bapak Kadin baru langsung ikut gabung meriahkan karnafal
- Memperkenalkan profesi kepada murid melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)
- Semarak Kemerdekaan ke-80 SMPN 2 Purworejo Meriahkan dengan Jalan Sehat dan Lomba Seru
- Lomba MAPSI SD Se-Wilcambidik Gebang 2025: \" Membangun Generasi Islami yang Berkarakter dan Berprestasi.\"
MAJALAH DINDING KREATIF: PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TINGKATKAN LITERASI SISWA

, Minat baca di kalangan siswa SD Negeri Golok, Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo, mengalami peningkatan yang signifikan berkat adanya program kerja majalah dinding yang diinisiasi oleh mahasiswa peserta Kampus Mengajar 8. Program yang dilaksanakan secara rutin setiap bulan ini telah menjadi salah satu pendorong utama dalam meningkatkan literasi di lingkungan sekolah.
Program majalah dinding ini melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembuatannya. Setiap kelas diberikan kesempatan untuk membuat isi majalah dinding secara bergantian dengan tema yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat pendidikan dan kreativitas siswa. Dengan cara ini, siswa tidak hanya belajar membaca tetapi juga menulis dan menuangkan ide mereka ke dalam bentuk tulisan atau gambar.
Pergantian isi majalah dinding dilakukan setiap hari Senin, sehingga siswa selalu memiliki bahan bacaan baru setiap minggunya. Hal ini diharapkan mampu memupuk kebiasaan membaca sejak dini. Selain itu, proses ini juga melibatkan kolaborasi antara siswa, guru, dan mahasiswa Kampus Mengajar dalam menentukan tema, menyusun konten, hingga mendesain tampilan majalah dinding. Berbagai manfaat diperoleh dari adanya program kerja majalah dinding ini, antara lain: Meningkatkan minat baca, mengasah kreativitas, melatih kerjasama tim, menumbuhkan kebanggaan pada siswa karena hasil karyanya dipajang dan dinikmati oleh siswa lainnya.
Program majalah dinding ini diharapkan dapat terus berjalan dan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain. Mahasiswa Kampus Mengajar 8 berharap bahwa inisiatif ini tidak hanya meningkatkan minat baca siswa, tetapi juga membangun budaya literasi yang kuat di SD Negeri Golok.Dengan dukungan yang berkelanjutan dari semua pihak, program ini dapat menjadi salah satu contoh nyata bagaimana kreativitas dan kolaborasi mampu memberikan dampak positif yang besar dalam dunia pendidikan.