- staff meeting akhir tahun
- TIm PPDB Purworejo melakukan diskusi ke Kabupaten Tetangga
- Forum Group Discusion (FGD) Hasil Pengumpulan Data Objek Pemejuan Kebudayaan Sego Penek dan Dawet Ireng Kabupaten Purworejo
- KABUPATEN PURWOREJO SERAHKAN HIBAH ALAT KESENIAN SEJUMLAH 6.696 KEPADA GRUP KESENIAN TAHUN 2024
- Kabupaten Purworejo Menerima Penghargaan Sebagai Penyaji Terbaik Duta Seni Kabupaten/ Kota se- Jawa Tengah Tahun 2024
- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Gelar Sosialisasi Hasil Penetapan Cagar Budaya Tahun 2024
- PEMERINTAH PURWOREJO KOMITMEN MENANGANI PENDIDIKAN INKLUSI
- KUATKAN SISWA SIAP IKUTI PISA PADA TAHUN 2025
- KM 8 INISIASI SOSIALISASI MITIGASI BENCANA
- LAUNCHING MODUL DIKLAT KURIKULUM MUATAN LOKAL PENDIDIKAN DASAR
MAJALAH DINDING KREATIF: PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TINGKATKAN LITERASI SISWA
, Minat baca di kalangan siswa SD Negeri Golok, Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo, mengalami peningkatan yang signifikan berkat adanya program kerja majalah dinding yang diinisiasi oleh mahasiswa peserta Kampus Mengajar 8. Program yang dilaksanakan secara rutin setiap bulan ini telah menjadi salah satu pendorong utama dalam meningkatkan literasi di lingkungan sekolah.
Program majalah dinding ini melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembuatannya. Setiap kelas diberikan kesempatan untuk membuat isi majalah dinding secara bergantian dengan tema yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat pendidikan dan kreativitas siswa. Dengan cara ini, siswa tidak hanya belajar membaca tetapi juga menulis dan menuangkan ide mereka ke dalam bentuk tulisan atau gambar.
Pergantian isi majalah dinding dilakukan setiap hari Senin, sehingga siswa selalu memiliki bahan bacaan baru setiap minggunya. Hal ini diharapkan mampu memupuk kebiasaan membaca sejak dini. Selain itu, proses ini juga melibatkan kolaborasi antara siswa, guru, dan mahasiswa Kampus Mengajar dalam menentukan tema, menyusun konten, hingga mendesain tampilan majalah dinding. Berbagai manfaat diperoleh dari adanya program kerja majalah dinding ini, antara lain: Meningkatkan minat baca, mengasah kreativitas, melatih kerjasama tim, menumbuhkan kebanggaan pada siswa karena hasil karyanya dipajang dan dinikmati oleh siswa lainnya.
Program majalah dinding ini diharapkan dapat terus berjalan dan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain. Mahasiswa Kampus Mengajar 8 berharap bahwa inisiatif ini tidak hanya meningkatkan minat baca siswa, tetapi juga membangun budaya literasi yang kuat di SD Negeri Golok.Dengan dukungan yang berkelanjutan dari semua pihak, program ini dapat menjadi salah satu contoh nyata bagaimana kreativitas dan kolaborasi mampu memberikan dampak positif yang besar dalam dunia pendidikan.