- BIMTEK PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DAN PEMBELAJARAN ALTERNATIF
- GELAR AKM BUKTI KEBERHASILAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 8
- MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI MEDIA BELAJAR MENARIK
- POHON HARAPAN: Inspirasi Baru di SD Negeri Golok
- MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI SOSIALISASI ANTI-BULLYING DAN GENRE DI SD
- MAJALAH DINDING KREATIF: PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TINGKATKAN LITERASI SISWA
- MENGHIDUPKAN LITERASI MELALUI PROGRAM SEKOLAH ALAM DI SD NEGERI GOLOK
- Perkuat Kompetensi Pendidikan: Dindikbud Purworejo Gelar Bimtek Pendalaman Kurikulum Merdeka
- FESTIVAL LITERASI DAN NUMERASI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 DI SD NEGERI KALIGESING KUTOARJO BERLANGSUNG MERIAH
- SEMPAT VAKUM SAAT PANDEMI COVID-19, MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 AKTIFKAN KEMBALI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDN 1 MLARAN
Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik oleh bu Zani Kusuma Budi Guru SD N 1 Mranti
Pandemi covid 19 yang terjadi di seluruh penjuru dunia dan tidak terkecuali di Indonesia. Telah memberikan dampak yang cukup signifikan. Dampak yang ditimbulkan terjadi di seluruh bidang kehidupan. Bidang yang terdampak antara lain kesehatan, pembangunan, peribadatan, ekonomi, pendidikan dan masih banyak lainya. Hampir seluruh bidang tersebut sekarang mengalami perubahan dan berbenah agar pandemi tidak berakibat lebih fatal.
Dalam bidang pendidikan pandemi ini memberikan dampak dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan tatap muka, sekarang tidak lagi bisa dilakukan. Proses pembelajaran tidak mungkin untuk berhenti dan menunggu pandemi ini berakhir. Sehingga, proses pembelajaran yang awalnya dilaksanakan dengan tatap muka beralih menjadi pembelajaran daring/jarak jauh/online. Perubahan dalam proses pembelajaran perlu dipersiapkan oleh guru, peserta didik dan satuan pendidikan terkait. Guru harus menyiapkan perangkat pembelajaran online yang tentu berbeda dengan pembelajaran tatap muka. Peserta didik yang sebelumnya cukup datang ke sekolah membawa buku pelajaran, sekarang tidak bisa lagi dilakukan. Peserta didik memerlukan jaringan internet agar dapat mengikuti proses pembelajaran.
Perubahan yang terjadi, telah memaksa guru dan peserta didik untuk merubah proses pembelajaran yang selama ini dilakukan. Perubahan tentu memberikan dampak apabila kurang dipersiapkan secara matang. Oleh karena itu perlu proses pembelajaran daring membutuhkan sinergi antara guru, peserta didik dan orangtua agar proses pembelajaran daring dapat berjalan dengan optimal.
Pandemi yang telah terjadi hampir 1 tahun lamanya, membuat siswa mengalami penurunan motivasi belajar. Proses pembelajaran membuat peserta didik merasa bosan. Hal ini berakibat peserta didik menjadi kurang dalam memahai materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Sehingga hasil belajar juga mengalami penurunan.