- AKSI BERSIH BERSIH DINDIKBUD DALAM RANGKA PERINGATAN WORD CLEAN UP DAY TAHUN 2025
- SDN Kuwurejo melaksanakan kegiatan aksi bersih lingkungan
- SMP Negeri 22 Purworejo Dukung World Clean Up Day 2025 dengan Aksi Bersih-Bersih Lingkungan
- Bimbingan Teknis Kepegawaian Terkait Dengan Pesensi Simega dan Pengisian E-Kinerja Bagi ASN Guru TK
- Pertemuan Rutin Unsur Pelaksana Dharmawanita Persatuan Dinas Pendidikkan Dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo,
- Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis (MBG) di SDN 1 TLOGOREJOGUWO Berjalan Sukses
- SEKRETARIS DINDIKBUD menjadi APEL KENANGAN INDAH MENJELANG PURNA TUGAS
- Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bukan hanya sekadar seremoni
- Belajar Bersama di Museum Tosan Aji Sewon at the Museum
- Program Mading Kelas SMP Negeri 32 Purworejo Hidupkan Budaya Literasi Siswa
Pelatihan Pendekatan Deep Learning untuk Pembelajaran yang Berkualitas dan Bermakna

Dalam rangka mengisi kegiatan dibulan Ramadhan dimana para siswa kegiatan di rumah, SMP Negeri 31 mengadakan kegiatan Pelatihan bagi guru-guru. Pelatihan yang dimaksud adalah pelatihan Pendekatan Deep Learning untuk Pembelajaran yang Berkualitas dan Bermakna.
Pelatihan diikuti oleh semua guru yang berjumlah 35 orang. Bertindak sebagai narasumber utama adalah Drs. Sunaryo, M.Pd Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, yang memberikan materi tentang Prinsip Deep Learning dan filosofinya. Materi lainnya disampaikan oleh Guru-guru SMPN 31 Purworejo yang telah lebih dahulu mengikuti pelatihan melalui MGMP masing-masing mata pelajaran. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 3 hingga 5 Maret 2025. Materi hari kedua adalah Penguatan Literasi dan Motivasi Di Sekolah, disampaikan oleh Putu Aprila Sutejo, S.Pd guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kebetulan Putu merupakan anggota Forum Taman Bacaan Masyarakat ( FTBM) Kab Purworejo. Sedangkan materi hari ketiga adalah Bimbingan Konseling dalam Penguatan Karakter di Sekolah, disampaikan oleh F Sugeng Subagyo, M.Si, yang merupakan Guru BK SMP Negeri 31 Purworejo. Selain materi tersebut, masih ada materi desiminasi hasil workshop mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang disampaikan oleh Dian Mutiarasari, S.Pd dan Nurul Hidayah, S.Pd, juga dari Mata pelajaran PKn yang disampaikan oleh Eni Nawang Suryaningsih, S.Pd dan Limpad Putra Sumbaga, S.Pd.
Kepala SMP Negeri 31 Purworejo, Yosiyanti Wahyuningtyas, M.Pd berharap, dengan pelatihan ini para guru dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya, lebih bersemangat dan dapat mengimplementasikan pembelajaran yang mind full, meaning full dan joy full seperti prinsip-prinsip deep learning. Para guru mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan antusias. Usai kegiatan beberapa dari guru masih melanjutkan kegiatan tadarus bersama di mushola sekolah.
Pembelajaran mendalam atau deep learning dalam konteks pendidikan bukan hanya merujuk pada penggunaan teknologi canggih seperti kecerdasan buatan (AI), tetapi juga mencakup pendekatan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk memahami konsep secara lebih mendalam dan mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata. Tujuan dari pendekatan deep learning adalah untuk mengubah siswa dari penerima informasi menjadi pembelajar yang aktif, kritis, dan kreatif.
Di SMP Negeri 31 Purworejo, pelatihan Pendekatan Deep Learning diadakan untuk memperkenalkan pendekatan ini kepada guru, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil belajar. Dalam pelatihan ini, para pendidik diajarkan berbagai metode untuk menciptakan pengalaman belajar yang tidak hanya informatif, tetapi juga menarik, aplikatif, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Pelatihan ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan transformasi digital di dunia pendidikan. Dengan memanfaatkan teknologi dan pendekatan yang mendalam, pendidikan dapat menjadi lebih relevan, bermakna, dan berkualitas. Meskipun ada beberapa tantangan, keberhasilan pelatihan ini akan memberikan dampak positif bagi kualitas pendidikan dan persiapan siswa dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks. Pendekatan Deep Learning bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan, tetapi juga tentang mengembangkan keterampilan untuk berpikir kritis, kreatif, dan berkolaborasi dalam dunia yang terus berkembang.