- BIMTEK PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DAN PEMBELAJARAN ALTERNATIF
- GELAR AKM BUKTI KEBERHASILAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 8
- MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI MEDIA BELAJAR MENARIK
- POHON HARAPAN: Inspirasi Baru di SD Negeri Golok
- MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI SOSIALISASI ANTI-BULLYING DAN GENRE DI SD
- MAJALAH DINDING KREATIF: PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TINGKATKAN LITERASI SISWA
- MENGHIDUPKAN LITERASI MELALUI PROGRAM SEKOLAH ALAM DI SD NEGERI GOLOK
- Perkuat Kompetensi Pendidikan: Dindikbud Purworejo Gelar Bimtek Pendalaman Kurikulum Merdeka
- FESTIVAL LITERASI DAN NUMERASI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 DI SD NEGERI KALIGESING KUTOARJO BERLANGSUNG MERIAH
- SEMPAT VAKUM SAAT PANDEMI COVID-19, MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 AKTIFKAN KEMBALI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDN 1 MLARAN
Perencanaan Berbasis data adalah untuk mengambil keputusan yang tep
Perencanaan Berbasis Data adalah Perubahan untuk mendorong satuan Pendidikan menyusun kegiatan capaian pembelajaran berdasarkan fakta. Perencanaan berbasis data dilakukan dengan mengacu pada Rapor Pendidikan. Setiap satuan pendidikan sudah terbiasa dalam melakukan perencanaan dan menyusun program disetiap tahun ajaran.
Tujuan dari Perencanaan Berbasis data adalah untuk mengambil keputusan yang tepat guna tercapainya peningkatan kualitas pembelajaran di satuan Pendidikan. Selain itu Perencanaan Berbasis data juga disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan atau Dinas berdasarkan data pada platfom Rapor Pendidikan, yang kemudian mendorong satuan pendidikan dan Dinas pendidikan untuk melakukan pembenahan melalui penyusunan kegiatan peningkatan capaian berdasarkan hasil indentifikasi dan refleksi terhadap capaian di rapor pendidikan dan kondisi lapangan. Terdapat 3 langkah sederhana dalam proses Perencanaan Berbasis Data ( PBD ) yaitu Identifikasi, Refleksi dan Benahi (IRB ).
Dalam Perencanaan Berbasis Data kita melibatkan Guru, Siswa, Komite sekolah.
Output dari Perencanaan Berbasis Data adalah RKAS dan Rencana Kerja Tahunan ( RKT ), yang terdiri dari :
1. Masalah
Berisikan indikator yangteridentifikasi bermasalah pada rapor pendidikan.
2. Akar
Seluruh program dan kegiatan yang dapat menjadi solusi dari akar masalah.
3. Program dan Kegiatan
Didalam RKT Kegiatan yang dipilih dan direncanakan merupakan solusi dari akar
masalah.