- BIMTEK PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DAN PEMBELAJARAN ALTERNATIF
- GELAR AKM BUKTI KEBERHASILAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 8
- MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI MEDIA BELAJAR MENARIK
- POHON HARAPAN: Inspirasi Baru di SD Negeri Golok
- MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI SOSIALISASI ANTI-BULLYING DAN GENRE DI SD
- MAJALAH DINDING KREATIF: PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TINGKATKAN LITERASI SISWA
- MENGHIDUPKAN LITERASI MELALUI PROGRAM SEKOLAH ALAM DI SD NEGERI GOLOK
- Perkuat Kompetensi Pendidikan: Dindikbud Purworejo Gelar Bimtek Pendalaman Kurikulum Merdeka
- FESTIVAL LITERASI DAN NUMERASI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 DI SD NEGERI KALIGESING KUTOARJO BERLANGSUNG MERIAH
- SEMPAT VAKUM SAAT PANDEMI COVID-19, MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 AKTIFKAN KEMBALI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDN 1 MLARAN
Program Prioritas Transformasi GTK untuk Indonesia Maju
Dikpora Kabupaten Purworejo mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Region II Tahun 2021, bahwa hasil Rakor tersebut terkait dengan Program Prioritas Transformasi Guru dan Tenaga Kependidikan serta Program Sekolah Penggerak.
Visi Pendidikan Indonesia :
“ Mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkeribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotongroyong dan berkebinekaan global.
Sekolah Penggerak adalah katalis untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia :
- Sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistic untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila;
- Diawali dengan SDM uang unggul (Kepala Sekolah dan Guru).
Arah Kebijakan dan Strategi Kementerian melalui kebijakan MERDEKA BELAJAR pada kurun waktu 2020 s.d. 2024 dalam rangka mendukung pencapaian 9 (Sembilan) Agenda Prioritas Pembangunan (Nawacita Kedua) dan tujuan Kemendikbud melalui Kebijakan Merdeka Belajar yang bercita-cita menghadirkan Pendidikan bermutu tinggi bagi semua rakyat Indonesia, yang dicirikan oleh angka partisipasi yang tinggi diseluruh jenjang Pendidikan, hasil pembelajaran berkualitas, dan mutu Pendidikan yang merata, baik secara geografis maupun status social ekonomi.
Selain itu focus pembangunan Pendidikan dan pemajuan kebudayaan diarahkan pada pemantapan budaya dan karakter bangsa melalui perbaikan pada kebijakan, prosedur, dan pendanaan Pendidikan serta pengembangan kesadaran akan pentingnya pelestarian nilai-nilai luhur budaya bangsa dan penyerapan nilai baru dari kebudayaan global secara positif dan produktif.
STRATEGI UTAMA “MERDEKA BELAJAR” :
- Menerapkan kolaborasi dan pembinaan antar sekolah (TK/SD/SMP/SMA/SMK/Informal;
- Meningkatkan kualitas guru dan kepala sekolah;
- Membangun platform Pendidikan Nasional berbasis tekhnologi
- Memperbaiki kurikulum nasional, pedagogi dan penilaian;
- Meningkatkan kolaborasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan distribusi yang merata;
- Membangun sekolah/lingkungan belajar masa depan;
- Memberikan Insentif atas kontribusi dan kolaborasi pihak swasta di bidang Pendidikan;
- Mendorong kepemilikan industry dan otonomi Pendidikan vokasi;
- Membentuk Pendidikan tinggi kelas dunia;
- Menyederhanakan mekanisme akreditasi dan memberikan otonomi lebih
Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Program Guru Penggerak bercita-cita menghidupkan Kembali pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara di ruang-ruang kelas Indonesia.
Semboyan tersebut adalah ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani.
Dalam filosofinya : Guru adalah menuntun, membimbing dan mengarahkan peserta didik.