SOSIALISASI PERSIAPAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) JENJANG TK, SD DAN SMP SE KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

By ADMIN 26 Mei 2023, 09:35:57 WIB Kegiatan
SOSIALISASI PERSIAPAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)  JENJANG TK, SD DAN SMP SE KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Bahwa dalam rangka persiapan untuk Penerimaan Peserta Didk Baru (PPDB) tingkat TK, SD dan SMP tahun pelajaran 2023/2024 Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo melaksanakan rapat koordinasi Verifikasi dan Validasi (Verval) Peserta Didik bagi calon peserta didik yang akan mendaftar ke jenjang SMP. Sosialisasi teknis Verval PD untuk operator Dapodik jenjang SD dilaksanakan secara Daring pada hari Selasa 9 Mei 2023. Masing masing korwilcambidik dan para operator dikumpulkan di kantor Korwilcambidik di masing-masing kecamatan.

1. Bayan : Aula Wilcambidik/eks SDN Besole

2. BU : Aula wilcambidik

3. Bener : Aula Wilcambidik

4. Bruno : Aula Wilcambidik

5. Butuh : SDN Sruwohrejo

6. Bagelen : Aula Wilcambidik

7. Gebang : KPRI Waris

8. Grabag : Aula Wilcambidik

9. Kaligesing : Aula Wilcambidik

10.Kutoarjo : Aula Wilcambidik

11. Kemiri : SDN Kemiri

12. Loano : Aula Wilcambidik

13. Ngombol : Aula Wilcambidik

14. Pituruh : Aula Wilcambidik

15. Purwodadi : Aula PKG/SDN Purwodadi

16. Purworejo : Aula Wilcambidik

Acara dibuka pukul 09.00 oleh Kasubag perencanaan Dindikbud Ibu Heny Safaryuni selaku sekretaris Tim PPDB Tingkat Kabupaten Purworejo. Dalam sambutannya bu Heny menjelaskan bahwa rapat koordinasi verval PD ini dilaksanakan secara daring karena keterbatasan tenaga teknis di Dinas. Selain itu dikarnakanjuga keterbatasan waktu, mengingat pelaksanaan PPDB untuk jenjang SD yang melalui jalur Afirmasi sudah akan dimulai taggal 15-17 Mei 2023. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa verval PD ini merupakan tahapan yang sangat penting dalam proses PPDB ini, karena dari proses verval PD yang nantinya akan Bapak dan Ibu lakukan akan menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan PPDB tahun pelajaran 2023/2024.  Oleh karena itu mohon dengan sangat agar setiap tahapan verval PD ini nantinya dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Perlu Bapak ibu ketahui bahwa Bapak Ibu Operator SD ini nantinya akan mempunyai pekerjaan yang lebih berat dibanding operator PAUD maupun SMP, karena para operator SD akan beperan dalam dua hal, yang pertama Bapak Ibu akan menerima siswa baru yang mendaftar ke SD, selain itu juga Bapak ibu juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk para peserta Didik kelas VI yang nantinya akan mendaftarkan di jenjang SMP. Data data yang harus  Bapak ibu siapkan misalnya, surat keterangan lulus, rata-rata nilai raport darikelas IV semester 1, kelas V semester 1 dan 2 serta kelas VI semester 1, titik koordinat alamat tempat tinggal peserta didik.

Selanjutnya dalam rangka memperkuat kebenaran dan keabsahan data calon peserta didik yang nantinya akan masuk jenjang SMP Bapak ibu Kepala Sekolah agar membuat Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) sesuai format yang nanti akan dibagikan. Dengan SPTJM itu diharapkan bahwa data-data peserta didik (Siswa kelas VI) yang akan mendaftar ke SMP, baik itu nama, alamat, sampai dengan Titik koordinat alamat tempat tinggal sudah diverifikasi sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment