Workshop Penulisan Soal Berbasis AKM dan Literasi Numerasi Diharapkan Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Purworejo

By ADMIN 10 Feb 2025, 19:21:32 WIB Kegiatan
Workshop Penulisan Soal Berbasis AKM dan Literasi Numerasi  Diharapkan Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Purworejo

Purworejo, 8 Februari 2025 – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo menggelar workshop penulisan soal berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan literasi numerasi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa yang saat ini masih di bawah indeks yang diharapkan. Asesmen Nasional menunjukkan bahwa banyak siswa yang kesulitan dalam memahami bentuk soal yang berbeda dari kegiatan sumatif di sekolah. Perlu adanya perbaikan proses pembelajaran yang mampu memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kompetensi literasi dan numerasi. 
Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan hasil Asesmen Nasional, tetapi juga untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di masa depan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama dengan Wilcambidik berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan potensi siswa melalui penyediaan ruang dan sarana prasarana yang memadai. “Kami berharap para guru dapat mendiseminasikan ilmu yang didapat dari workshop ini kedalam  masing-masing komunitas pembelajaran di satuan pendidikan masing-masing,” Bp. Mustiko Aji Triatmojo, S.Pd.SD selaku korwilcambidik Kaligesing dalam sambutanya.
Dalam workshop ini, Ibu Tursilowati, S.Pd.Si, selaku pengawas SMP dan pemerhati perkembangan literasi dan numerasi di Kabupaten Purworejo, menjadi narasumber. Ia menjelaskan, “Penting bagi kita untuk mengubah pendekatan dalam pembelajaran. Pembiasaan refleksi dan pertanyaan pemantik dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif.” Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan 40 guru dari Wilcambidik Kaligesing dan Bayan, serta diadakan di Aula A Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo.
Dalam kegiatan workshop Nara sumber juga menekankan perlunya stimulus soal yg mampu meningkatkan level koqnitif peserta didik.  Fungsi lain soal tersebut juga melatih kepekaan  peserta didik terhadap lingkungan dengan menambah isu-isu global maupun lokal yg berkembang saat ini. Diharapkan dari sebuah soal tidak hanya peningkatan literasi dan numerasi melainkan juga adanya peningkatan karakter. 
Sebagai langkah nyata, peserta workshop akan menjadi tim referensi soal Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) dan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) tahun 2025. Diharapkan, pembiasaan refleksi dalam literasi dan numerasi akan lebih luas diterapkan di seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Purworejo, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di daerah tersebut.
 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment