- staff meeting akhir tahun
- TIm PPDB Purworejo melakukan diskusi ke Kabupaten Tetangga
- Forum Group Discusion (FGD) Hasil Pengumpulan Data Objek Pemejuan Kebudayaan Sego Penek dan Dawet Ireng Kabupaten Purworejo
- KABUPATEN PURWOREJO SERAHKAN HIBAH ALAT KESENIAN SEJUMLAH 6.696 KEPADA GRUP KESENIAN TAHUN 2024
- Kabupaten Purworejo Menerima Penghargaan Sebagai Penyaji Terbaik Duta Seni Kabupaten/ Kota se- Jawa Tengah Tahun 2024
- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Gelar Sosialisasi Hasil Penetapan Cagar Budaya Tahun 2024
- PEMERINTAH PURWOREJO KOMITMEN MENANGANI PENDIDIKAN INKLUSI
- KUATKAN SISWA SIAP IKUTI PISA PADA TAHUN 2025
- KM 8 INISIASI SOSIALISASI MITIGASI BENCANA
- LAUNCHING MODUL DIKLAT KURIKULUM MUATAN LOKAL PENDIDIKAN DASAR
Anak inklusi juga punya keistimewaan
Rabu 7 Desember 2022 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Pengembangan ABK Tahun 2022. Dalam pembukaan Kepala Bidang SD, Bapak Paryono, S.Pd.M.Pd mengatakan, ” Anak–anak diciptakan berbeda beda. Tidak ada yang sama. Untuk itu, kita terima mereka sepenuh hati, kita syukuri karena kita tidak tahu anak-anak kita ke depan akan berubah menjadi seperti apa. Mari kita damping dengan ikhlas di niatkan ibadah”
Dalam kesempatan ini, ditampilkan beberapa hasil Pendidikan untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus, diantaranya Tari dolalah anak tuna rungu dari SLB Purworejo dan penampilan orgen dan menyanyi tunggal dari siswa ABK tuna netra.
Anak Tuna rungu berlatih dolalak dengan memperhatikan ketukan yang mereka terima dari getaran udara disekitarnya melalui music yang distel. Mereka memang tidak dapat mendengar. Tetapi indra yang lain sangat sensitif sehingga dapat merasakan getaran udara. Cara mengajarnya harus penuh kesabaran dan keuletan.
Nara sumber Dari UMP Purworejo, yaitu bapak Patria Jati mengatakan, “Anak yang berkebutuhan khusus jangan berkecil hati dan harus tetap di layani”. Semua anak punya keistimewaan kita acari sisi istimewanya, dan kembangkan semaksimal mungkin.
Hal paling utama yang kita lakukan dalam menangani aanak berkebutuhan khusus adalah menggali potensi yang paling memungkinkan untuk dikembangkan. Jangan sekali-kali memaksakan kehendak kita untuk mereka, tetapi kita yang harus menyesuaikan dengan kondisi mereka. Kita melayani mereka sesuai dengan kondisinya. Jika sudah menemukan potensinya, tidak ada yang sulit bagi seorang guru untuk mengembangkannya. Memang, untuk menemukan potensi anak, terutama anak yang berkebutuhan khusus perlu ketelatenan dari guru dan harus dibantu oleh orang tua.