- Lomba Tumpeng sambut HUT SMP Negeri 33 Purworejo yang ke 29
- Pengumuman Pembentukan Dewan Pendidikan Kabupaten Purworejo periode tahun 2025-2030
- DEKLARASI 7 KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT
- Asyiknya Makan Kue Lebaran di Sekolah
- Silaturahmi dan Halal Bi Halal Jajaran Korwilcambidik Kecamatan Bagelen
- Kegiatan Pesta Siaga Kwarran Gebang Tahun 2025, Latih Kekompakan dengan Penuh Keceriaan
- SD NEGERI KEDUNGLOTENG PERINGATI HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL
- Technical Meeting Peserta Pemeran Museum Bersama di Museum Tosan Aji
- Hari Pertama Masuk Sekolah Silaturrahmi Keluarga SDN Roworejo
- SYAWALAN (Halal Bi Halal & Makan Bersama) SD Negeri 1 Pangenjurutengah
LOKAKARYA PENDAMPINGAN KEPEMIMPINAN SEKOLAH 1 PSP ANGKATAN 3: PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERDAMPAK

Pengambilan keputusan berdampak: Lima kebiasaan seorang Pemimpin efektif yang perlu dikembangkan oleh Kepala Satuan Pendidikan merupakan materi yang dibahas pada Lokakarya Kepemimpinan Sekolah 1. Lokakarya diselenggarakan tanggal 25 Mei 2024 di SMP Negeri 4 Purworejo. Lokakarya kelas A yang dihadiri oleh Fasilitator, Pengawas, Kepala Sekolah, dan guru dari 6 Sekolah Dasar yaitu SD Negeri 1 Gintungan, SD Negeri Jatiwangsan, SD Negeri 1 Jenar Wetan, SD Negeri Kaliwader, SD Negeri 1 Mulyosri, dan SD Negeri 1 Wonokromo. Lokakarya dilaksanakan melalui alur MERDEKA: Mulai dari diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, dan Aksi Nyata.
Suyoto, M.Pd, Fasilitator Kelas A Jenjang Sekolah Dasar menyampaikan bahwa lima kebiasaan pemimpin yang efektif, yang salah satunya adalah mengambil keputusan berdampak. Adapun tujuan lokakarya Kepemimpinan Sekolah 1 adalah sebagai berikut:
1. Peserta mengenal 5 kebiasaan seorang Pemimpin efektif.
2. Peserta mampu menyebutkan langkah 5T dalam pengambilan keputusan berdampak.
3. Peserta mampu menerapkan setiap langkah 5T dalam pengambilan keputusan berdampak
Pada alur Eksplorasi Konsep, Peserta Lokakarya menjabarkan 5T (Telusuri Kondisi Kunci, Tentukan Kondisi Batasan, Tetapkan Kondisi Ideal, Terapkan Aksi Nyata, Temukan Umpan Balik) sebagai langkah - langkah pengambilan keputusan berdampak. Setelah mengetahui kondisi kunci, kondisi batasan dan kondisi ideal, saatnya seorang pemimpin mengambil keputusan.Keputusan adalah hasil pilihan dari beberapa alternatif yang ada.
(Rencana) Aksi Nyata: Kepala sekolah, guru, dan pengawas menyelesaikan lembar kerja langkah ke 5.Temukan umpan balik dengan menentukan teknik umpan balik yang akan digunakan untuk memantau perkembangan setiap aksi nyata, dilengkapi dengan linimasa.
Fasilitator menutup lokakarya dengan memberikan apresiasi kepada peserta dan berharap bahwa apa yang sudah didiskusikan bisa menjadi bahan untuk mendampingi dan meningkatkan kompetensi kepemimpinan Kepala sekolah dan Pengawas di sekolah.