- Lomba Tumpeng sambut HUT SMP Negeri 33 Purworejo yang ke 29
- Pengumuman Pembentukan Dewan Pendidikan Kabupaten Purworejo periode tahun 2025-2030
- DEKLARASI 7 KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT
- Asyiknya Makan Kue Lebaran di Sekolah
- Silaturahmi dan Halal Bi Halal Jajaran Korwilcambidik Kecamatan Bagelen
- Kegiatan Pesta Siaga Kwarran Gebang Tahun 2025, Latih Kekompakan dengan Penuh Keceriaan
- SD NEGERI KEDUNGLOTENG PERINGATI HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL
- Technical Meeting Peserta Pemeran Museum Bersama di Museum Tosan Aji
- Hari Pertama Masuk Sekolah Silaturrahmi Keluarga SDN Roworejo
- SYAWALAN (Halal Bi Halal & Makan Bersama) SD Negeri 1 Pangenjurutengah
PEMBIMBINGAN DAN PENDAMPINGAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN DITENGAH PANDEMI CORONA

Ditengah Pandemi Covid-19 diperlukan ide dan tindakan kreatif dari berbagai sektor tidak terkecuali sektor pendidikan. Kelompok Kerja Pengawas SD/TK Kabupaten Purworejo sebagai garda depan bidang pendidikan mengadakan kegiatan Teleconference dengan materi Membaca Menulis Permulaan (MMP) ditengah pandemi Corona pada hari Rabu, 10 Juni 2020 pukul 08.30 dengan nasasumber Drs. Sarono, M.Hum. Dalam sambutannya Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Purworejo Sukmo Widi Harwanto, S.H.,M.M. memberikan apresiasi atas upaya kreatif dari stakeholders pendidikan (Guru dan Pengawas Sekolah) dalam mendedikasikan dirinya dalam mencerdaskan anak didiknya . Dalam kondisi dan tantangan apapun guru dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada anak didiknya.
Drs. Sarono,M.Hum. menyampaikan pembelajaran Membaca Menulis Permulaan (MMP) di kelas I pada jenjang sekolah dasar membutuhkan pembimbingan dan pendampingan yang intensif. Guru/orang tua/orang dewasa disekitarnya pegang peran penting dalam hal ini. Aktifitas siswa kelas I dari bagaimana cara siswa duduk, membuka buku, memegang pensil, sampai pengenalan huruf sangat diperlukan pendampingan dan pembimbingan.
Alternatif pembelajaran MMP ditengah pandemi yaitu melalui 1. Google Classromm, guru dan anak bertatapmuka melalui perangkat lunak komputer-internet dalam kondisi ini anak harus didampingi oleh orang dewasa yang paham TIK 2. Kerjasama Guru dengan Orang tua, guru memberikan materi dan cara membimbing mendampingi anak dama MMP kepada orang tua atau orang desawa disekitaranak kemudian orang tua mempraktikkannya kepada anak 3.Kelompok kecil, guru membentuk kelompok kelompok anak disekolah, satu kelompok terdiri 4-5 anak selanjutnya guru membuat jadwal masing-masing kelompok untuk MMP di sekolah dan 4. Kunjung Kelompok, anak-anak yang tempat tinggalnya berdekatan dikelompokkan dalam satu kelompok belajar di rumah, satu kelompok terdiri dari 4-5 anak.Guru dan orang tua menyusun jadwal kunjungan tiap kelompok, pembimbingan dan pendampingan MMP oleh guru berjalan saat kegiatan kunjungan.
Diakhir teleconfrence pembawa acara Ning Rahayu,M.Pd. mengingatkan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19.