- BIMTEK PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DAN PEMBELAJARAN ALTERNATIF
- GELAR AKM BUKTI KEBERHASILAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 8
- MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI MEDIA BELAJAR MENARIK
- POHON HARAPAN: Inspirasi Baru di SD Negeri Golok
- MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI SOSIALISASI ANTI-BULLYING DAN GENRE DI SD
- MAJALAH DINDING KREATIF: PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TINGKATKAN LITERASI SISWA
- MENGHIDUPKAN LITERASI MELALUI PROGRAM SEKOLAH ALAM DI SD NEGERI GOLOK
- Perkuat Kompetensi Pendidikan: Dindikbud Purworejo Gelar Bimtek Pendalaman Kurikulum Merdeka
- FESTIVAL LITERASI DAN NUMERASI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 DI SD NEGERI KALIGESING KUTOARJO BERLANGSUNG MERIAH
- SEMPAT VAKUM SAAT PANDEMI COVID-19, MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 AKTIFKAN KEMBALI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDN 1 MLARAN
PEMBIMBINGAN DAN PENDAMPINGAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN DITENGAH PANDEMI CORONA
Ditengah Pandemi Covid-19 diperlukan ide dan tindakan kreatif dari berbagai sektor tidak terkecuali sektor pendidikan. Kelompok Kerja Pengawas SD/TK Kabupaten Purworejo sebagai garda depan bidang pendidikan mengadakan kegiatan Teleconference dengan materi Membaca Menulis Permulaan (MMP) ditengah pandemi Corona pada hari Rabu, 10 Juni 2020 pukul 08.30 dengan nasasumber Drs. Sarono, M.Hum. Dalam sambutannya Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Purworejo Sukmo Widi Harwanto, S.H.,M.M. memberikan apresiasi atas upaya kreatif dari stakeholders pendidikan (Guru dan Pengawas Sekolah) dalam mendedikasikan dirinya dalam mencerdaskan anak didiknya . Dalam kondisi dan tantangan apapun guru dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada anak didiknya.
Drs. Sarono,M.Hum. menyampaikan pembelajaran Membaca Menulis Permulaan (MMP) di kelas I pada jenjang sekolah dasar membutuhkan pembimbingan dan pendampingan yang intensif. Guru/orang tua/orang dewasa disekitarnya pegang peran penting dalam hal ini. Aktifitas siswa kelas I dari bagaimana cara siswa duduk, membuka buku, memegang pensil, sampai pengenalan huruf sangat diperlukan pendampingan dan pembimbingan.
Alternatif pembelajaran MMP ditengah pandemi yaitu melalui 1. Google Classromm, guru dan anak bertatapmuka melalui perangkat lunak komputer-internet dalam kondisi ini anak harus didampingi oleh orang dewasa yang paham TIK 2. Kerjasama Guru dengan Orang tua, guru memberikan materi dan cara membimbing mendampingi anak dama MMP kepada orang tua atau orang desawa disekitaranak kemudian orang tua mempraktikkannya kepada anak 3.Kelompok kecil, guru membentuk kelompok kelompok anak disekolah, satu kelompok terdiri 4-5 anak selanjutnya guru membuat jadwal masing-masing kelompok untuk MMP di sekolah dan 4. Kunjung Kelompok, anak-anak yang tempat tinggalnya berdekatan dikelompokkan dalam satu kelompok belajar di rumah, satu kelompok terdiri dari 4-5 anak.Guru dan orang tua menyusun jadwal kunjungan tiap kelompok, pembimbingan dan pendampingan MMP oleh guru berjalan saat kegiatan kunjungan.
Diakhir teleconfrence pembawa acara Ning Rahayu,M.Pd. mengingatkan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19.