- BIMTEK PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DAN PEMBELAJARAN ALTERNATIF
- GELAR AKM BUKTI KEBERHASILAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 8
- MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI MEDIA BELAJAR MENARIK
- POHON HARAPAN: Inspirasi Baru di SD Negeri Golok
- MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI SOSIALISASI ANTI-BULLYING DAN GENRE DI SD
- MAJALAH DINDING KREATIF: PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TINGKATKAN LITERASI SISWA
- MENGHIDUPKAN LITERASI MELALUI PROGRAM SEKOLAH ALAM DI SD NEGERI GOLOK
- Perkuat Kompetensi Pendidikan: Dindikbud Purworejo Gelar Bimtek Pendalaman Kurikulum Merdeka
- FESTIVAL LITERASI DAN NUMERASI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 DI SD NEGERI KALIGESING KUTOARJO BERLANGSUNG MERIAH
- SEMPAT VAKUM SAAT PANDEMI COVID-19, MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 AKTIFKAN KEMBALI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDN 1 MLARAN
PENGIMBASAN KURIKULUM MERDEKA SANGAT MENYENANGKAN
Kegiatan Pengimbasan Kurikulum Merdeka Tahap I yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo di SMPN 3 Purworejo selama dua hari yaitu Kamis – Jum’at , 24 – 25 Oktober sangat menyenangkan dan bermanfaat. Dari kegiatan ini, kami mendapat materi diantaranya Kurikulum Merdeka, Komunitas Belajar, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Pembelajaran Berdiferensiasi, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran dan Menyusun Rencana Tindak Lanjut.
Kegiatan Pengimbasan Kurikulum Merdeka di kelas E terdiri dari 3 (tiga) Kecamatan yaitu Kecamatan Loano, Gebang, dan Kaligesing dengan jumlah peserta 9 orang dari 9 Satuan Pendidikan. Kami difasilitasi oleh Narasumber Ibu Kholifah, S.Pd. dari SDN Pakem Kecamatan Gebang. Materi yang disampaikan oleh beliau sangat jelas dan membuat kami lebih memahami lagi. Pada materi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terjadi miskonsepsi yang semula peserta beranggapan bahwa P5 identik dengan gelar dan pameran karya tetapi ketika kami mengikuti kegiatan ini ternyata P5 adalah pembelajaran yang menitikberatkan pendidikan karakter peserta didik, yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar. Selain itu, pada materi Komunitas Belajar ternyata masih ada beberapa Satuan Pendidikan yang belum mempunyai Komunitas Belajar. Ada juga Satuan Pendidikan yang sudah membentuk Kombel tetapi belum dioptimalkan dalam pelaksanaanya. Pada kegiatan Rencana Tindak Lanjut kami berdiskusi untuk membentuk dan mengoptimalkan kombel.
Pada kegiatan ini peserta sangat antusias ketika kegiatan berlangsung dan suasana ketika berdiskusi menyenangkan karena adanya umpan balik dari setiap kelompok.