- Bimbingan Teknis Kepegawaian Terkait Dengan Pesensi Simega dan Pengisian E-Kinerja Bagi ASN Guru TK
- Pertemuan Rutin Unsur Pelaksana Dharmawanita Persatuan Dinas Pendidikkan Dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo,
- Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis (MBG) di SDN 1 TLOGOREJOGUWO Berjalan Sukses
- SEKRETARIS DINDIKBUD menjadi APEL KENANGAN INDAH MENJELANG PURNA TUGAS
- Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bukan hanya sekadar seremoni
- Belajar Bersama di Museum Tosan Aji Sewon at the Museum
- Program Mading Kelas SMP Negeri 32 Purworejo Hidupkan Budaya Literasi Siswa
- Kak Bara Meriahkan Maulid Nabi di SD Negeri Bedug dengan Dongeng dan Sulap
- Mini Museum Tosan Aji Keliling 2025 Hadir di Kecamatan Bruno
- PELATIHAN MKKG (MANAJEMEN KESELAMATAN KEBAKARAN GEDUNG) DI LINGKUNGAN KANTOR DINAS PENDIIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Perencanaan Berbasis data adalah untuk mengambil keputusan yang tep

Perencanaan Berbasis Data adalah Perubahan untuk mendorong satuan Pendidikan menyusun kegiatan capaian pembelajaran berdasarkan fakta. Perencanaan berbasis data dilakukan dengan mengacu pada Rapor Pendidikan. Setiap satuan pendidikan sudah terbiasa dalam melakukan perencanaan dan menyusun program disetiap tahun ajaran.
Tujuan dari Perencanaan Berbasis data adalah untuk mengambil keputusan yang tepat guna tercapainya peningkatan kualitas pembelajaran di satuan Pendidikan. Selain itu Perencanaan Berbasis data juga disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan atau Dinas berdasarkan data pada platfom Rapor Pendidikan, yang kemudian mendorong satuan pendidikan dan Dinas pendidikan untuk melakukan pembenahan melalui penyusunan kegiatan peningkatan capaian berdasarkan hasil indentifikasi dan refleksi terhadap capaian di rapor pendidikan dan kondisi lapangan. Terdapat 3 langkah sederhana dalam proses Perencanaan Berbasis Data ( PBD ) yaitu Identifikasi, Refleksi dan Benahi (IRB ).
Dalam Perencanaan Berbasis Data kita melibatkan Guru, Siswa, Komite sekolah.
Output dari Perencanaan Berbasis Data adalah RKAS dan Rencana Kerja Tahunan ( RKT ), yang terdiri dari :
1. Masalah
Berisikan indikator yangteridentifikasi bermasalah pada rapor pendidikan.
2. Akar
Seluruh program dan kegiatan yang dapat menjadi solusi dari akar masalah.
3. Program dan Kegiatan
Didalam RKT Kegiatan yang dipilih dan direncanakan merupakan solusi dari akar
masalah.