- BIMTEK PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DAN PEMBELAJARAN ALTERNATIF
- GELAR AKM BUKTI KEBERHASILAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 8
- MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI MEDIA BELAJAR MENARIK
- POHON HARAPAN: Inspirasi Baru di SD Negeri Golok
- MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI SOSIALISASI ANTI-BULLYING DAN GENRE DI SD
- MAJALAH DINDING KREATIF: PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TINGKATKAN LITERASI SISWA
- MENGHIDUPKAN LITERASI MELALUI PROGRAM SEKOLAH ALAM DI SD NEGERI GOLOK
- Perkuat Kompetensi Pendidikan: Dindikbud Purworejo Gelar Bimtek Pendalaman Kurikulum Merdeka
- FESTIVAL LITERASI DAN NUMERASI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 DI SD NEGERI KALIGESING KUTOARJO BERLANGSUNG MERIAH
- SEMPAT VAKUM SAAT PANDEMI COVID-19, MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 AKTIFKAN KEMBALI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDN 1 MLARAN
Pendidikan harus berisikan nilai budaya/kearifan lokal
Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara berisikan tujuan utama pendidikan: memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan dan melestarikan kebudayaan. Pada bagian kedua ialah fokus utama kegiaan pembelajaran: membaca, menulis dan berhitung. Intisari ketiga ialah kodrat alam peserta didik yang memiliki bakat dan rasa ingin tau terhadap pengetahuan, dan kodrat zaman di mana siswa dan siswi harus mengikuti teknologi. Di bagian lain, proses pendidikan harus berisikan nilai budaya/kearifan lokal. Kemudian pendidikan saat ini menuntu pendidik untuk terus belajar, berinovasi dan menggunakan metode yang tepat sehingga siswa dan siswi dapat menggali kemampuannya dalam belajar baik berupa diskusi, menanya, berkolaborasi dan berkreasi. Dengan kegiatan dalam dunia pendidikan saat ini, siswa dan siswi dapat membawa kebahagiannya dalam tujuan dalam pendidikan dan juga mencerminkan Profil Pelajar Pancasila.
Ki Hadjar Dewantara juga menegaskan bahwa seorang pendidik harus menghamba/berpusat pada murid di mana tujuan pendidikan tersebut untuk membahagian peserta didik tersebut. Juga pendidikan harus melihat siswa dan siswi yang memiliki kondrat alam, memiliki bakat dan rasa ingin belajar, dan kodrat alam, peserta didik harus mengikuti perkembangan zaman/teknologi, sehingga pendidikan tersebut menuntun siswa dan siswi untuk lebih baik, kodrat alam melalui self assement untuk menemukan dan mengembangkan bakatnya, merdeka belajar di mana siswa dan siswi belajar sesuai dengan tujuan/bakatnya untuk kebahagian siswa dan siswi tersebut.