Pengenalan suara demokrasi bagian pembelajaran P5

By ADMIN 24 Des 2022, 05:40:08 WIB Kegiatan
Pengenalan suara demokrasi bagian pembelajaran P5

Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan dimana semua warga negara mempunyai hak yang setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka baik secara langsung maupun perwakilan. Hak dalam pengambilan keputusan tersebut antara lain menentukan wakil rakyat yang menduduki jabatan tertentu misalnya presiden, gubernur, bupati sampai kepala desa. Untuk dapat turut serta dalam pemilihan wakil rakyat harus memenuhi persyaratan tertentu diantaranya adalah batasan usia.

Dalam kurikulum merdeka dirancang projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), salah satu temanya adalah Suara Demokrasi. Dalam kegiatan P5 ini siswa diajak untuk melaksanakan demokrasi yaitu Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS untuk masa bakti 2022/2023. Tahap-tahap yang dilalui pada kegiatan P5 adalah:

  1. Pengenalan

Pada tahapan ini guru sebagai fasilitator mengenalkan kepada siswa tentang pengertian demokrasi, tujuan demokrasi serta penerapan demokrasi di sekolah.

  1. Kontekstual

Siswa didampingi guru pembimbing merencanakan pelaksanaan pemilihan ketua OSIS mulai dari penjaringan dan menetapkan bakal calon, serta penyampaian visi misi.

  1. Aksi

Pada tahap aksi siswa dan guru melakukan secara nyata pemilihan ketua OSIS dan wakilnya hingga perhitugan suara.

  1. Refleksi Tindak Lanjut

Tahapan terakhir pada kegiatan ini adalah refleksi dan tidak lanjut. Pada tahap ini dilakukan pelantikan dan serah terima pengurus OSIS antara yang lama dan baru.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment