- TIm PPDB Purworejo melakukan diskusi ke Kabupaten Tetangga
- Forum Group Discusion (FGD) Hasil Pengumpulan Data Objek Pemejuan Kebudayaan Sego Penek dan Dawet Ireng Kabupaten Purworejo
- KABUPATEN PURWOREJO SERAHKAN HIBAH ALAT KESENIAN SEJUMLAH 6.696 KEPADA GRUP KESENIAN TAHUN 2024
- Kabupaten Purworejo Menerima Penghargaan Sebagai Penyaji Terbaik Duta Seni Kabupaten/ Kota se- Jawa Tengah Tahun 2024
- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Gelar Sosialisasi Hasil Penetapan Cagar Budaya Tahun 2024
- PEMERINTAH PURWOREJO KOMITMEN MENANGANI PENDIDIKAN INKLUSI
- KUATKAN SISWA SIAP IKUTI PISA PADA TAHUN 2025
- KM 8 INISIASI SOSIALISASI MITIGASI BENCANA
- LAUNCHING MODUL DIKLAT KURIKULUM MUATAN LOKAL PENDIDIKAN DASAR
- KOLABORASI PENANGANAN ABK DI PURWOREJO
Semua siswa baru kelas 1 di Kabupaten Purworejo mendapatkan haknya
Kabupaten Purworejo menjadi sorotan dengan pelaksanaan sosialisasi Transisi Penilaian Akhir Usaha Sekolah Dasar (PAU-SD) yang penuh keceriaan. Acara yang berlangsung pada hari Senin ini dihadiri oleh peserta yang luar biasa, yaitu semua Korwil, semua Pengawas TKSD, dan semua Ketua Gugus SD di Kabupaten Purworejo. Jumlah peserta mencapai 104 orang yang antusias mengikuti acara di KPRI Waris, Jalan Lingkar Utara Kecamatan Gebang.
Acara ini menghadirkan nara sumber yang dari unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu Sigit Supriyanto, S.E, M.M. dan Umul Hidayah, S. Pd, P. Pd. Kehadiran mereka memberikan pemahaman yang mendalam tentang Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) agar semua SD di Kabupaten Purworejo dapat melaksanakan MPLS dengan baik pada tahun pelajaran 2023/2024.
Sosialisasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua siswa baru kelas 1 di Kabupaten Purworejo mendapatkan hak anak. Dengan kata lain Hak Anak dari Siswa Baru (kelas 1) terjamin. Dalam sosialisasi ini, Sigit Supriyanto, S.E, M.M. dan Umul Hidayah, S. Pd, P. Pd menjelaskan bahwa MPLS merupakan tahap awal yang penting dalam memperkenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru. Melalui MPLS yang baik, siswa dapat merasa nyaman dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Selain itu, sosialisasi ini juga menekankan pentingnya siswa memperoleh 6 kemampuan fondasi dengan baik hingga kelas 2 SD. Kemampuan fondasi ini meliputi Kemampuan Kognitif, Kemampuan Bahasa dan Komunikasi, Kemampuan Motorik Kasar dan Halus, Kemampuan Sosial dan Emosional, Kemampuan Seni dan Kreativitas dan Kemampuan Pengetahuan Lingkungan. Dengan memastikan siswa memperoleh kemampuan ini dengan baik, diharapkan mereka dapat menghadapi tantangan pembelajaran di jenjang selanjutnya dengan lebih percaya diri.
Pada akhir kegiatan sempat mendiskusikan contoh kegiatan MPLS di SD. Baberapa usul saran dan pertanyaan mewarnai acara ini sehingga para peserta menjadilebih jelas tentang gambaran kegiatan MPLS di dua pekan pertama, pembelajaran di kelas 1 SD.