Implementasi Pedoman Pembelajaran Paradigma Baru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

By ADMIN 17 Okt 2022, 10:16:26 WIB Kegiatan
Implementasi Pedoman Pembelajaran Paradigma Baru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DINDIKBUD) Kabupaten Purworejo bekerjasama dengan Balai Besar Penjaminan Mutu Provinsi (BBPMP) Jawa tengah menyelenggarakan Pendampingan Implementasi Pedoman Pembelajaran Paradigma baru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Pendampingan dilaksanakan pada hari jum’at, 7 Oktober 2022 di Coffe and Resto Satria  Bogowonto. 
Peserta Kegiatan ini adalah Kepala Sekolah Dasar dan Guru yang pernah mengikuti sosialisasi maupun Coaching Clinic tentang IKM yang diselenggarakan oleh BBPMP Jawa Tengah. Peserta sejumlah 21 orang, terdiri atas 14 Kepala SD dan 7 Guru dari perwakilan sekolah di Kabupaten Purworejo.
Target Pendampingan kali ini antara lain : 1). Pada tahun 2023 angka partisipasi sekolah PAUD dan SD 100%, 2). Kemampuan Literasi SD 1,7,             3). Kemampuan Numerasi 1,6. Pencapaian target ini tampak pada Rapor Pendidikan. Dari Rapor Pendidikan juga akan diketahui secara detail kondisi dan situasi sekolah.
Kondisi sekolah digambarkan dengan 4 warna, yaitu biru untuk kondisi yang sudah bagus/sudah membudaya, hijau untuk yang diatas kompetensi minimal/berkembang, kuning untuk kondisi di bawah kompetensi minimum/mulai berkembang, warna merah untuk kondisi perlu intervensi khusus. Harapan pemerintah, semua komponen minimal berwarna hijau. 
Dalam kegiatan pendampngan ini peserta di bagi menjadi 2 kelompok untuk berdiskusi. Bahan diskusi untuk  Kelompok A. Bagaimana pemahaman pendidik dalam asesmen Literasi?; bagaimana bentuk-bentuk soal literasi?; apa saja konteks soal literasi?; bagaimana soal literasi pada L1, L2, dan L3?, hal baik apa saja yang sudah dilakukan dan perlu dilanjutkan; hal baik apa yang seharusnya dilakukan tapi belum dilakukan?; apa tantangan dan mitigasi meningkatkan kompetensi asesmen literasi? 
Bahan diskusi untuk kelompok B: bagaimana pemahaman pendidik dalam asesmen numerasi, bagaimana bentuk-bentuk soal numerasi; apa saja konteks soal numerasi, bagaimana soal numerasi pada L1,L2,L3; hal baik apa yang sudah dilakukan dan perlu dilanjutkan; hal baik apa yang seharusnya dilakukan tapi belum dilakukan; apa tantangan dan mitigasi meningkatkan kompetensi asesmen numerasi?
Pendampingan berjalan lancar sesuai dengan rencana. Menjawab pertanyaan petugas dari BBPMP Jawa Tengah tentang pelaksanaan Pendampingan, semua peserta mengatakan sangat perlu, penting, dan menyenangkan. Harapannya masih ada pendampingan yang lebih detail tentang Pembelajaran Paradigma Baru ini. 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Instagram

Berita Purworejo