- SMPN 5 Purworejo Sosialisasikan Mitigasi Bencana Alam Bersama Damkar Purworejo
- Dua Siswa SDN Bencorejo Sabet Emas di Kejuaraan Pencak Silat Fighter Purworejo 2025
- BARUNG HIJAU PUTRA GUGUS DEPAN SD NEGERI 3 DONOREJO MEWAKILI KWARRAN KALIGESING DALAM PESTA SIAGA TINGKAT KWARCAB PURWOREJO
- SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI PERINGATAN HARI KESIAPSIAGAAN SDN PADUROSO
- SIMULASI KESIAPSIAGAAN BENCANA DALAM MEWUJUDKAN OPTIMALISASI SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA SISWA SDN BAKUREJO
- Pameran Temporer Bersama “Prasama Miyara” Museum Tosan Aji Hadirkan Kolaborasi Seni dan Kebudayaan
- Kartini Kecil, Penuh Warna
- PERINGATAN HARI KARTINI SD NEGERI 1 BALEDONO
- Jeda tengah semester awali dengan senam Indonesia Sehat
- Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Purworejo Lakukan Observasi Awal Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) Kabupaten Purworejo
Implementasi Pedoman Pembelajaran Paradigma Baru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DINDIKBUD) Kabupaten Purworejo bekerjasama dengan Balai Besar Penjaminan Mutu Provinsi (BBPMP) Jawa tengah menyelenggarakan Pendampingan Implementasi Pedoman Pembelajaran Paradigma baru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Pendampingan dilaksanakan pada hari jum’at, 7 Oktober 2022 di Coffe and Resto Satria Bogowonto.
Peserta Kegiatan ini adalah Kepala Sekolah Dasar dan Guru yang pernah mengikuti sosialisasi maupun Coaching Clinic tentang IKM yang diselenggarakan oleh BBPMP Jawa Tengah. Peserta sejumlah 21 orang, terdiri atas 14 Kepala SD dan 7 Guru dari perwakilan sekolah di Kabupaten Purworejo.
Target Pendampingan kali ini antara lain : 1). Pada tahun 2023 angka partisipasi sekolah PAUD dan SD 100%, 2). Kemampuan Literasi SD 1,7, 3). Kemampuan Numerasi 1,6. Pencapaian target ini tampak pada Rapor Pendidikan. Dari Rapor Pendidikan juga akan diketahui secara detail kondisi dan situasi sekolah.
Kondisi sekolah digambarkan dengan 4 warna, yaitu biru untuk kondisi yang sudah bagus/sudah membudaya, hijau untuk yang diatas kompetensi minimal/berkembang, kuning untuk kondisi di bawah kompetensi minimum/mulai berkembang, warna merah untuk kondisi perlu intervensi khusus. Harapan pemerintah, semua komponen minimal berwarna hijau.
Dalam kegiatan pendampngan ini peserta di bagi menjadi 2 kelompok untuk berdiskusi. Bahan diskusi untuk Kelompok A. Bagaimana pemahaman pendidik dalam asesmen Literasi?; bagaimana bentuk-bentuk soal literasi?; apa saja konteks soal literasi?; bagaimana soal literasi pada L1, L2, dan L3?, hal baik apa saja yang sudah dilakukan dan perlu dilanjutkan; hal baik apa yang seharusnya dilakukan tapi belum dilakukan?; apa tantangan dan mitigasi meningkatkan kompetensi asesmen literasi?
Bahan diskusi untuk kelompok B: bagaimana pemahaman pendidik dalam asesmen numerasi, bagaimana bentuk-bentuk soal numerasi; apa saja konteks soal numerasi, bagaimana soal numerasi pada L1,L2,L3; hal baik apa yang sudah dilakukan dan perlu dilanjutkan; hal baik apa yang seharusnya dilakukan tapi belum dilakukan; apa tantangan dan mitigasi meningkatkan kompetensi asesmen numerasi?
Pendampingan berjalan lancar sesuai dengan rencana. Menjawab pertanyaan petugas dari BBPMP Jawa Tengah tentang pelaksanaan Pendampingan, semua peserta mengatakan sangat perlu, penting, dan menyenangkan. Harapannya masih ada pendampingan yang lebih detail tentang Pembelajaran Paradigma Baru ini.