- TIm PPDB Purworejo melakukan diskusi ke Kabupaten Tetangga
- Forum Group Discusion (FGD) Hasil Pengumpulan Data Objek Pemejuan Kebudayaan Sego Penek dan Dawet Ireng Kabupaten Purworejo
- KABUPATEN PURWOREJO SERAHKAN HIBAH ALAT KESENIAN SEJUMLAH 6.696 KEPADA GRUP KESENIAN TAHUN 2024
- Kabupaten Purworejo Menerima Penghargaan Sebagai Penyaji Terbaik Duta Seni Kabupaten/ Kota se- Jawa Tengah Tahun 2024
- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Gelar Sosialisasi Hasil Penetapan Cagar Budaya Tahun 2024
- PEMERINTAH PURWOREJO KOMITMEN MENANGANI PENDIDIKAN INKLUSI
- KUATKAN SISWA SIAP IKUTI PISA PADA TAHUN 2025
- KM 8 INISIASI SOSIALISASI MITIGASI BENCANA
- LAUNCHING MODUL DIKLAT KURIKULUM MUATAN LOKAL PENDIDIKAN DASAR
- KOLABORASI PENANGANAN ABK DI PURWOREJO
MPLS bagian menggali potensi yang ada dalam diri peserta didik
Untuk menyambut peserta didik baru SMP Negeri 14 Purworejo di awal tahun pembelajaran dilaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kegiatan yang dimaksud untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
MPLS wajib diikuti oleh seluruh peserta didik baru. Materi kegiatan yang disajikan dalam MPLS bersifat edukatif dan kreatif yang dapat untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang menyenangkan dan aman bagi peserta didik. Dimana dalam kegiatan ini juga peserta didik diarahkan untuk mengenal lingkungan sekolah mulai dari kondisi, potensi, prasarana, dan budaya sekolah.
Disamping itu kegiatan MPLS juga untuk menggali potensi yang ada dalam diri peserta didik serta untuk menumbuhkembangkan karakter peserta didik. Sehingga pada kegiatan MPLS tahun ini bekerja sama dengan Koramil Kecamatan Butuh untuk memberikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Bela Negara. Bentuk kerja sama yang lain yaitu kerja sama dengan Halobakat dalam melaksanakan Assesment Pesat yaitu assessment pendukung IKM.
Adapun tujuan dilaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Negeri 14 Purworejo, bertujuan untuk:
- Mengenali dan mengenali potensi diri yang dimiliki peserta didik baru;
- Membantu peserta didik baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah
- Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai peserta didik baru;
- Menumbuhkan interaksi positif antarpeserta didik dan warga sekolah lainnya;
- Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, dan kerja sama, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.