- BIMTEK PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DAN PEMBELAJARAN ALTERNATIF
- GELAR AKM BUKTI KEBERHASILAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 8
- MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI MEDIA BELAJAR MENARIK
- POHON HARAPAN: Inspirasi Baru di SD Negeri Golok
- MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI SOSIALISASI ANTI-BULLYING DAN GENRE DI SD
- MAJALAH DINDING KREATIF: PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TINGKATKAN LITERASI SISWA
- MENGHIDUPKAN LITERASI MELALUI PROGRAM SEKOLAH ALAM DI SD NEGERI GOLOK
- Perkuat Kompetensi Pendidikan: Dindikbud Purworejo Gelar Bimtek Pendalaman Kurikulum Merdeka
- FESTIVAL LITERASI DAN NUMERASI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 DI SD NEGERI KALIGESING KUTOARJO BERLANGSUNG MERIAH
- SEMPAT VAKUM SAAT PANDEMI COVID-19, MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 AKTIFKAN KEMBALI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDN 1 MLARAN
Manfaat Pembelajaran Berdiferensiasi
Manfaat Pembelajaran Berdiferensiasi
1. Meningkatkan Keterlibatan Siswa: Siswa lebih termotivasi ketika mereka belajar sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.
2. Memfasilitasi Pembelajaran yang Lebih Mendalam: Siswa dapat menggali topik lebih dalam dengan cara yang mereka pilih.
3. Mengurangi Kesenjangan Pembelajaran: Membantu siswa yang mungkin tertinggal atau mengalami kesulitan.
Asesmen
Asesmen adalah proses pengumpulan informasi untuk menilai kemajuan dan pencapaian siswa. Jenis asesmen meliputi:
1. Asesmen Formatif: Dilakukan selama proses pembelajaran untuk memberikan umpan balik kepada siswa dan guru. Contohnya termasuk kuis singkat, diskusi kelas, atau tugas kecil.
2. Asesmen Sumatif: Dilakukan di akhir periode pembelajaran untuk mengevaluasi pencapaian siswa. Contohnya termasuk ujian akhir, proyek besar, atau presentasi.
3. Asesmen Otentik: Menilai kemampuan siswa dalam konteks nyata, seperti melalui proyek atau tugas yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4. Asesmen Diri dan Teman: Melibatkan siswa dalam mengevaluasi diri mereka sendiri atau teman sekelas, mendorong refleksi dan tanggung jawab.
Hubungan Antara Pembelajaran dan Asesmen
Asesmen yang baik tidak hanya mengukur hasil belajar, tetapi juga memberikan informasi yang berguna untuk meningkatkan pembelajaran. Dengan menggunakan hasil asesmen, guru dapat:
1. Menyesuaikan strategi pengajaran.
2. Mengidentifikasi area yang perlu diperkuat.
3. Memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa.