Kunjungan Studi Kawruh Pertanian di Taman Agro Modern BRMP DIY

By ADMIN 11 Jul 2025, 13:45:36 WIB Kegiatan
Kunjungan Studi Kawruh Pertanian di Taman Agro Modern BRMP DIY

SLEMAN, DIY – Sebanyak 45 guru dan tenaga pendidik dari SMPN 6 Purworejo mengikuti
kunjungan studi kawruh pertanian ke Balai Pengkajian dan Riset Modernisasi Pertanian
(BRMP) DIY pada Selasa, 8 Juli 2025. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala
BRMP DIY, Dr. Dedy Irwandi, S.Pi, M.Si yang menekankan pentingnya sinergi dalam
penyebarluasan teknologi pertanian modern melalui unit-unit layanan seperti Taman Agro
Modern (TAM), IP2MP, dan Laboratorium Tanah dan Pupuk.
Kepala SMPN 6 Purworejo, Wahyu Kurnia Lestari, M.Pd., mengapresiasi kesempatan ini
sebagai sarana pembelajaran pertanian modern, khususnya urban farming. Setiap guru
nantinya akan membimbing 10 siswa dalam mengenal budidaya tanaman di lingkungan
sekolah.
Materi urban farming disampaikan oleh Riefna Afriani, S.P., M.Sc., yang menjelaskan konsep
pertanian di lahan terbatas menggunakan sistem hidroponik dan teknik lainnya seperti rakit
apung, drip system, dan aeroponik. Jenis tanaman yang bisa dibudidayakan mencakup
sayuran, buah, rempah, hingga tanaman hias.
Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapang ke beberapa zona di TAM, seperti zona
hidroponik, perbenihan ubi jalar, greenhouse buah semangka dan melon, serta budidaya sayur
dan cabai. Para peserta juga dikenalkan pada produksi asap cair sebagai biopestisida.
Diskusi berkembang pada potensi penerapan urban farming tematik di sekolah, seperti
vertical garden, rooftop garden, aquaponik sederhana, dan kebun buah mini. Kegiatan ini
diharapkan meningkatkan keterampilan, kesadaran lingkungan, serta tanggung jawab siswa
dalam merawat tanaman.
Kunjungan diakhiri dengan sesi di laboratorium diseminasi untuk mengenal produk hasil
pertanian dari berbagai komoditas. Kegiatan ini membuka peluang besar untuk penerapan
pertanian edukatif di lingkungan sekolah.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment